KATAGORI RENUNGAN

Translate this blog

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 25 September 2013

Helping Others Overcome Addictions (Menolong Orang Lain Mengatasi Kecanduan)


"Bagaimana kasih karunia Tuhan membawa kebebasan abadi"




Bagaimana orang - orang sedang berusaha untuk mengatasi kecanduan mereka hari ini?
Mereka menjalani perawatan, rehabilitasi, terapi, progam 12 langkah, 8 prinsip pemulihan ataupun AA (Alcoholics Anonymous). Ada begitu banyak program Kristen dan ribuan program sekuler yang akan memberitahukan Anda tentang apa yang harus dilakukan, metode - metode ini mungkin akan mengubah untuk sementara waktu, namun tak seorangpun yang pernah mengalami kebebasan yang sesungguhnya (permanen).




Daftar Isi

Bab 1 : Kebohongan Yang Gereja Percayai Tentang Kecanduan
Bab 2 : Kecanduan Lebih Buruk Daripada Penyakit
Bab 3 : Prasyarat Untuk Merdeka Dari Kecanduan
Bab 4 : Hak Waris Seorang Anak Allah
Bab 5 : Jika Saya Baik, Mengapa Saya Bersikap Sangat Buruk?
Bab 6 : Hal Paling Membebaskan Yang Akan Pernah Anda Lakukan
Bab 7 : Itu Bukan Tergantung Pada Kita
Bab 8 : Apa Yang Dapat Kita Lakukan Untuk Menolong Orang Lain Dan Apa Yang Harus Berhenti Dilakukan
Bab 9 : Sebuah Pelayanan Kasih Karunia Dalam Gereja


Komentar


Kecanduan adalah sebuah tali yang menarik Anda untuk tinggal di dalam dosa. Kecanduan sangat menjalar dan sangat sulit untuk dibebaskan darinya sehingga dunia membangun sebuah sudut pandang tersendiri tentang kecanduan. Banyak orang menyatakan bahwa kecanduan adalah sebuah penyakit, karena itu Anda tidak akan pernah dapat disembuhkan atau dibebaskan darinya, dan yang terbaik yang dapat Anda lakukan adalah belajar mengatasinya. Karena seseorang mempunyai sebuah penyakit yang tidak dapat disembuhkan maka yang terbaik untuk dilakukan adalah mereka harus mengakuinya dan mengerjakan sebuah program termasuk mengerjakan sebuah terapi atau rehabilitasi, menghadiri pertemuan secara teratur, melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan seperti tidak minum, mengonsumsi narkoba, menghindari orang - orang, tempat - tempat, dan benda - benda yang mungkin dapat membuat mereka tersandung. Mereka dibombardiri terus menerus dengan pendapat jika mereka tidak melakukannya, maka mereka akan kembali kepada kecanduan mereka dan kemudian mati. Inilah kebohongan yang telah dipercayai oleh gereja - gereja dan kebanyakan orang Kristen di seluruh dunia.

Namun dari sudut pandang alkitabiah, kecanduan ternyata lebih buruk daripada penyakit yang tak tersembuhkan, itu adalah sebuah perbudakan rohani dan setiap program yang bergantung pada apa yang harus dilakukan orang tersebut tidak akan dapat menyelesaikannya. Banyak orang merasa nyaman dengan belenggu mereka dan puas dengan berbagai kekacauan, kebingungan, kegelisahan dan ketakutan mereka. Banyak hal yang menahan mereka untuk dibebaskan dari kecanduan seperti ketergantungan, perfeksionisme, ketakutan, depresi, workaholic, materialisme, dan sebagainya. Kabar baiknya adalah Allah memiliki jawaban atas perbudakan rohani (kecanduan) Anda.


Orang - orang percaya bahwa pintu kemerdekaan terkunci dan ada sesuatu yang harus mereka lakukan untuk membukanya. Mereka merasa tidak merdeka atau mengalami kemerdekaan secara konsisten. Pergumulan sesungguhnya tidak terletak pada apa yang harus Anda lakukan melainkan apa yang seharusnya Anda percayai. Pencarian jati diri kita tidak bergerak dari seorang pecandu untuk menjadi seorang yang benar. Orang percaya yang bergumul dengan kecanduan sedang berusaha untuk menjadi seorang yang sebenarnya adalah jati diri mereka sendiri (seorang anak Allah yang telah dibenarkan dan mati terhadap dosa). Kita tidak sedang berusaha untuk mendapatkan sesuatu untuk merdeka. Sebaliknya kita perlu untuk menyadari bahwa kita telah memiliki kemerdekaan yang dikerjakan oleh Kristus bagi kita. Kemerdekaan telah diberikan atas kecanduan Anda, dan inilah jati diri Anda yang sebenarnya. Perjalanan untuk keluar dari kecanduan bukanlah untuk menuju ke suatu tempat kebebasan, tetapi untuk menyadari siapa kita dan apa yang telah kita miliki, yakni kemerdekaan.


Jawaban bagi kecanduan bukanlah sesuatu yang harus dilakukan melainkan Pribadi yang harus dipercayai. Kemerdekaan melalui Yesus Kristus adalah warisan semua orang. Untuk menolong diri Anda sendiri dan juga orang lain keluar dari kecanduan adalah dengan menemukan Dia, tidak ada kemerdekaan sejati yang dapat ditemukan di tempat lain. Cara Yesus bukanlah dengan program suatu rehabilitasi ataupun perawatan untuk pemulihan melainkan kebangkitan. Melihat diri Anda yang telah merdeka dan bukan lagi seorang pecandu akan membawa Anda kepada kebebasan yang abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar